Jumat, 25 Maret 2011

Gasing

Suku dayak merupakan suku penghuni bumi tambun bungai. Dari jaman dulu hingga jaman sekarang permainan tradisonal secara turun temurun dimainkan. Nah permainan yang tidak asing lagi di telinga para masyarakat uluh itah adalah Bagasing (bayang kuan uluh ngaju). Walaupun jaman kian modern tapi permainan ini tetap masih populer dikalangan anak – anak pedalaman suku dayak ngaju.

A. Gasing Balanga

 
Gasing Balanga juga merupakan jenis gasing tradisional Suku Dayak khas Kalimantan Tengah yang sering dipermainkan dalam tradisi "Bagasing". Jika pada Gasing Pantau mampu berputar lebih lama serta mengeluarkan bunyi yang nyaring, maka tidak demikian halnya dengan Gasing Balanga, gasing jenis Balanga ini adalah gasing yang umumnya dibuat dan dimainkan untuk tujuan diadu dengan gasing lain.

Tradisi mengadu Gasing Balanga ini dikenal warga masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah dengan sebutan Batikam yakni mengadu ketahanan Gasing Balanga saat satu sama lain saling bersentuhan. Dalam kegiatan Batikam ini tidak jarang salah satu gasing akan pecah atau terbelah akibat benturan yang sangat keras. Gasing yang terjatuh, keluar dari arena permainan, apalagi sampai terpecah maka secara otomatis akan menjadi pihak yang kalah.

Bentuk Gasing Balanga menyerupai sebuah tempayan atau dalam Bahasa Dayak Kalteng dikenal dengan istilah "Balanga". Ukuran Gasing Balanga atau gasing aduan ini biasanya memiliki diameter lingkaran sekitar 9 Cm dan tinggi sekitar 7 Cm.

B. Gasing

 
Gasing Pantau merupakan satu diantara jenis gasing tradisional khas Provinsi Kalimantan Tengah, Dalam budaya masyarakat Dayak Kalteng tradisi memainkan gasing ini dikenal dengan istilah "Bagasing". Gasing Pantau adalah gasing yang dimainkan sedemikian rupa agar dapat berputar dalam waktu yang cukup lama. Ciri khas Gasing Pantau yang membedakannya dengan jenis gasing tradisional khas Kalteng lainnya yakni Gasing Balanga adalah Gasing Pantau mampu mengeluarkan bunyi.

Perpaduan antara lamanya perputaran gasing pada suatu poros dengan dinamika nada yang dikeluarkan oleh Gasing Pantau inilah yang membuat jenis gasing ini cukup menarik dan sering diperlombakan pada berbagai festival seni dan budaya Suku Dayak. Gasing Pantau yang mampu berputar lebih lama dan mengeluarkan bunyi yang nyaring biasanya akan keluar sebagai pemenang.

Pada zaman dahulu, sebelum Gasing Pantau dikenal sebagai salah satu perlombaan yang sering dipertunjukan pada berbagai festival kebudayaan Dayak, Gasing Pantau dahulu juga sering digunakan pula pada berbagai ritual-ritual adat Suku Dayak di Kalimantan Tengah seperti pada upacara ritual suku dayak pada saat menyambut panen sebagai ungkapan syukur kepada sang pencipta.

2 komentar:

  1. dengan hormat tolong sertakan fotonya joga supaya mempermudah

    BalasHapus
  2. JAMCO HOTEL-AND-WALK-AFRICA, WIKIAMING
    JAMCO HOTEL-AND-WALK-AFRICA, WIKIAMING, SITUEL, C.D. - MADE IN. 제주 출장안마 - 24/7 customer 전라남도 출장샵 support · 고양 출장샵 Online booking 군포 출장안마 & more at JAMCO. 삼척 출장마사지

    BalasHapus